SOSIALISASI SISTEM INFORMASI PNBP ONLINE (SIMPONI)


Salah satu bagian dari sistem MPN G-2 adalah Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI), dimana merupakan sistem billing yang dikelola oleh DJA untuk memfasilitasi pembayaran/penyetoran PNBP dan penerimaan non anggaran. SIMPONI memberi kemudahan bagi Wajib Bayar/Wajib Setor untuk membayar/menyetor PNBP dan penerimaan non anggaran melalui berbagai channel pembayaran seperti teller (Over The Counter), ATM (Automatic Teller Machine), EDC (Electronic Data Capture), maupun internet banking. Dengan demikian, masyarakat bebas memilih berbagai alternatif metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pengimplementasian SIMPONI dalam pembayaran/penyetoran PNBP terbukti sangat membantu Kementerian dan Lembaga dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sebagaimana diungkapkan oleh Harold M Pical, SKM M.Kes, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Jayapura. Setidaknya ada 3 manfaat yang diperoleh satkernya dengan penerapan SIMPONI. Pertama, SIMPONI telah merubah proses bisnis pembayaran dari uang tunai menjadi cashless dengan penyediaan fasilitas EDC yang ditawarkan. Akibatnya, resiko memegang uang tunai (seperti kehilangan atau salah hitung) dapat berkurang sehingga perhitungan menjadi lebih akurat dan akuntabel. Kedua, dengan sistem online pelayanan bisa berjalan 24 jam sesuai dengan tuntutan pengguna layanan satkernya. “Dengan SIMPONI perusahaan dapat melakukan pembayaran secara online dan menerima pelayanan setiap saat”, ujarnya. Selain itu, instansi yang dipimpinnya juga tidak lagi direpotkan dengan penatausahaan pembayaran karena data penerimaan sudah tersedia melalui SIMPONI. “Jadi kami tinggal memonitor saja realisasinya”.
Beberapa jasa pelayanan yang dilaksanakan oleh KKP  adalah pelayanan untuk penerbitan buku kesehatan kapal, penerbitan port health quarantine clearance, penerbitan sertifikat izin karantina, serta jasa-jasa pelayanan lainnya.

Maraknya pembangunan sistem pelayanan PNBP berbasis IT di berbagai K/L, sejalan dengan perkembangan teknologi yang maju pesat. Kementerian/Lembaga berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menimbulkan tantangan baru bagi SIMPONI untuk dapat membangun integrasi dengan berbagai sistem pelayanan PNBP dimaksud. Tentu saja pembangunan dan pelaksanaan integrasi harus sesuai dengan peraturan perundangan di bidang keuangan negara yang berlaku. 

Dalam kegiatan tersebut juga KKP Kelas II Jayapura menyepakati Kesepakatan bersama antara KKP dan juga stakeholder serta semua pihak yang berkaitan dengan pelayanan KKP Jayapura tentang Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI).


Share:

1 komentar:

PENDAFTARAN VAKSIN ONLINE

Blogroll

Popular Posts