EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) KEMENTRIAN KESEHATAN TAHUN 2018


Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kementerian Kesehatan diselenggarakan di Hotel Horison Jl. KH. Noer Ali Kayuringin Bekasi di buka oleh Irjen Kementerian Kesehatan Drg. Oscar Primadi. Hadir dalam penyelenggaraan tersebut antara lain Biro Perencanaan dan Anggaran, Biro Keuangan dan BMN, Biro Hukum dan Organisasi, Biro Kepegawaian, Biro Kerjasama Luar Negeri, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Biro Umum, Pusat Data dan Informasi, Pusat Analisis Determinan Kesehatan, Pusat Pembiayaan dan Jaminan  Kesehatan, Pusat Krisis Kesehatan, Pusat Kesehatan Haji, Konsil Kedokteran Indonesia, Ditjen Kesehatan Masyarakat, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ditjen Pelayanan Kesehatan, Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Inspektorat Jenderal, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dan Sekretaris Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan. Lamanya pelaksanaan kegiatan dari tanggal 23 s/d 27 April 2018 dengan narasumber dari Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB dan Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan.
Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa SAKIP merupakan amanah Presiden No. 29 tahun 2014 tentang SAKIP dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 12 tahun 2015 tentang Evaluasi Implementasi SAKIP. Pemerintah melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP setiap tahunnya dan hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki managemen kinerja khususnya kinerja publik di instansinya secara berkelanjutan.
Sebelumnya di lakukan reviu laporan Kinerja Kementerian Kesehatan pada tanggal 8 s/d 10 Februari 2018 yang merupakan persyaratan yang harus di penuhi. Evaluasi SAKIP melibatkan satuan kerja organisasi mulai dari satker Mandiri, UPT, Unit Organisasi eselon II hingga unit eselon I. Hasil evaluasi kegiatan ini menjadi salah satu bahan penilaian dalam evaluasi Kementerian Menpan & RB terhadap Kementerian Kesehatan.
Nilai SAKIP kita tahun ke tahun terus meningkat cuma katagorinya selalu BB kita belum mendapatkan nilai A, hasil evaluasi SAKIP tahun 2016 kemarin kita cukup besar sehingga bisa berkontribusi besar pada penilaian RB. Nilai terakhir kita 76,8 sehingga layak mendapatkan kenaikan TUKIN sebesar 10% pada tahun 2018.
Harapan Sekjen Kemenkes tahun ini semua Satker bisa diatas 90 sehingga nilainya A jangan ada Nilai B. Nilai terbaik di dapat dari BPPSDMK hampir 98 mudah2 bisa di ikuti oleh yang lainnya. 
Peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari hampir seluruh satuan kerja dan didukung sepenuhnya oleh Itjen Kementerian Kesehatan dengan menerjunkan 100 auditor untuk membantu evaluasi atas implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) tahun 2017 untuk entitas unit organisasi dan entitas satker di lingkungan Kementerian Kesehatan.
Tahap tahap SAKIP meliputi : Rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja , pengelolaan Kinerja, pelaporan kinerja dan reviu evaluasi kinerja .

FOTO KEGIATAN :



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDAFTARAN VAKSIN ONLINE

Blogroll

Popular Posts