PERTEMUAN LINTAS SEKTOR / LINTAS PROGRAM DALAM RANGKA PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKITDI WILAYAH KERJA PELABUHAN LAUT SARMI

Penyakit tular atau vektor pembawa penyakit yang dapat di tularkan melalui Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit antara lain Malaria, Demam Berdarah, Filariasis (Kaki Gajah) Chikungunya, Japanese Encephalitis (Radang Otak), Rabies (Anjing Gila) Leptospirosis, PES dan Schistosomiasis (Demam Keong). Penyakit tersebut hingga kini masih menjadi masalah Kesehatan Masyarakat di Indonesia dengan angka kesakitan dan kematian yang cukup tinggi serta berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Wabah serta memberikan dampak kerugian pada ekonomi masyarakat. 
Upaya penanggulangan penyakit tular vektor dan zoonotik selain dengan pengobatan terhadap penderita, juga dilakukan upaya pengendalian vektor dan binatang pembawa penyakit, termasuk upaya mencegah kontak secara langsung maupun tidak langsung dengan vektor dan binatang pembawa penyakit, guna mencegah penularan penyakit, baik yang endemis maupun penyakit baru (emerging). Penyakit tular vektor dan zoonotik menjadi permasalahan kesehatan di indonesia karena penyakit ini.

    
   Salah satu tugas pokok dan fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai unit pelaksana utama dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian penyakit tular vector dan zoonotik di pintu masuk negara. Keberhasillan dan Tindakan Pencegahan tersebut di tentukan oleh faktor kecepatan dan ketetapan dalam mendeteksi dan melakukan antisipasi berupa respon cepat terhadap adanya suatu kejadian penyakit di pintu masuk negara (Bandara, Pelabuhan Serta Pos Lintas Batas Darat Negara (PLBN).
 Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan peran, komitmen dan kinerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Jayapura dalam upaya cegah dan tangkal penyakit maka diadakan Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program Pengawasan dan Pengendalian Vektor Binatang Pembawa Penyakit di Pelabuhan Laut Sarmi. Sarmi, 14/09/2018

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDAFTARAN VAKSIN ONLINE

Blogroll