Pertemuan sosialisasi pengendalian vektor di bandara,pelabuhan dan PLBDN Pelabuhan laut jayapura


PERTEMUAN SOSIALISASI PENGENDALIAN VEKTOR DI BANDARA PELABUHAN DAN PLBDN LAUT JAYAPURA





Dalam rangka peningkatan pelaksanaan tupoksi cegah tangkal penyakit di pintu masuk negara sekaligus persiapan PON XX Tahun 2020 di provinsi Papua, maka kantor kesehatan Pelabuhan kelas II Jayapura akan melaksanakan Pertemuan sosialisasi pengendalian vektor dalam wilayah kerja pelabuhan laut.









                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           1. Dasar Hukum :


a. IHR Revisi Tahun 2015,

b. Undang-UndangNomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan,
 c. Undang-Undang 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,
d. Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular,
e. Peraturan Menteri Kesehatan R.I Nomor 356/Menkes/Per/lV/2009 tentang Organisasi dan         Tata Keija Kantor Kesehatan Pelabuhan,
f. Peraturan Presiden No.30 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Zoonosis,
g. Permenkes RI.No.47 Tahun 2014 Tentang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit,
h. Permenkes Rl No.50 Tahun 2017, Tentang Standart Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Untuk Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit Serta Pengendaliannya.

. Gambaran Umum
Kantor Kesehatan Pelabuhan merupakan unit pelaksana teknis Kementerian Kesehatan R.I yang bertanggung jawab kepada Dirjen P2P dalam mengemban tugas pokok dan fungsi dalam cegah masuknya penyakit karantina dan penyakit menular yang berpotensi wabah, selain itu dituntut mampu menangkal resiko kesehatan yang mungkin masuk dari Negara lain dengan melakukan tindakan tanpa menghambat perdagangan. Penyakit tular vektor merupakan penyakit yang menular melalui hewan/serangga perantara (vektor) penyakit. Contohnya, antara lain Malaria, Demam Berdarah Dengue, Chikungunya, Pes dan lainnya. Penyakit tersebut hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia dengan angka kesakitan dan kematian yang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Pelabuhan Laut merupakan salah satu pintu masuk utama suatu Negara yang menjadi lalu lintas orang dan barang yang berpotensi menimbulkan penularan penyakit. Salah satu penularan penyakit yang penting adalah yang disebabkan oleh vektor seperti nyamuk Aedes sp, nyamuk Anopheles sp. serta yang disebabkan oleh tikus dan pinjal. Upaya pengendalian vektor telah dilakukan dengan baik oleh Pemerintah dan masyarakat.


Keberhasilan upaya pengendalian penyakit tular vektor dan zoonotik terkait dengan pemutusan rantai penularan melalui upaya pengendalian vektor dan binatang pembawa penyakit secara terpadu meliputi aspek teknis/metode, sumber daya baik manusia dan sarana prasarana, keterpaduan antar program dan lintas sektor serta melibatkan peran aktif masyarakat di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura. Kegiatan yang dapat mendukung upaya pengendalian penyakit tular vektor dan zoonotik, salah satunya adalah dengan sosialisasi pengendalian vektor bersama instansi pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat. Berdasarkan hal ini, maka dilakukan Pertemuan Sosialisasi Pengendalian Vektor di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura.
                           
               

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            
B. Tujuan

1. Tujuan Umum
 Tersosialisasinya informasi tentang program pengendalian vektor di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura.

2. Tujuan Khusus

a. Penguatan kerjasama/jejaring yang sinergis antar lintas sektor dengan instansi pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura.
b. Meningkatkan kesadaran dan peran serta instansi pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat dalam mewujudkan lingkungan Pelabuhan Laut yang sehat dan bebas dari vektor penular penyakit.

C. Penerima Manfaat

Manfaat dari Pertemuan Sosialisasi Pengendalian Vektor di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura yaitu Instansi pemerintah, pihak swasta serta masyarakat memperoleh informasi tentang program pengendalian vektor penyakit di wilayah kerja Pelabuhan Laut Jayapura.

D. Strategi Pencapaian Keluaran


1. Metode Pelaksanaan
    Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah/presentasi dan diskusi/tanya jawab.
2. Tahapan dan Waktu Pelaksanaan
     a. Tahapan
     - Registrasi Peserta - Pembukaan
     - Pemaparan Materi - Diskusi/Rencana Tindak Lanjut
     - Kesimpulan












  TERIMAKASIH























Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDAFTARAN VAKSIN ONLINE

Blogroll