Pengambilan Sampel Limbah Air laut 31 Oktober Tahun 2017




Menurut sekretaris Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMKL) Kementerian Kesehatan RI mengatakan kebiasaan masyarakat yang kurang peduli dengan sanitasi diperparah dengan akses sanitasi yang kurang memadai, tidak hanya memberikan dampak buruk terhadap  kesehatan tapi juga berpotensi berpengaruh siqnifikan terhadap sistim perekonomian. Studi Bank Dunia bersama Pokja AMKL, menyebutkan potensi kerugian negara akibat sanitasi buruk akan setara dengan Rp.58 triliun atau sama dengan 2,1% pertumbuhan domestik Bruto Indonesia.
Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh sanitasi dan lingkungan yang kurang sehat serta pembuangan sampah dan air limbah (industri, Rumah Sakit, Rumah Tangga, dll) yang kurang baik di antaranya adalah: Diare, Demam berdarah, Disentri, Hepatitis A, Kolera, Thipus, cacingan dan malaria. Hal ini akibat masih rendah kesadaran masyarakat. Lebih memprihatinkan lagi, sebagian orang miskin, sanitasi bukanlah prioritas utama. Inilah salah satu penyebab 80% air tanah tercemar.
Tindakan pencegahan merupakan upaya penting agar terhindarnya setiap orang terhadap penurunan derajat kesehatan.

Seksi Pengendalian Resiko Lingkungan Kantor Kesehatan Pelabuhan berupaya memberikan kontribusi bagi peningkatan kesehatan lingkungan khususnya dalam hal Pengawasan pembuangan limbah.  Perlu diketahui bahwa pada tahun yang lalu hal ini belum terlaksana secara optimal berhubung dana masih kurang mendukung dan kemampuan SDM masih kurang. Berhubung dengan kenyataan itu sungguh dituntut usaha pangadaan dana untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi tahun sebelumnya dan diadakan pelatihan petugas  di bidang Pengawasan Limbah.

Dari hasil pengambilan sampel di lima titik yang di tentukan dan delapan kategori uji laboratorium, dapat disimpulkan lima titik tersebut masih dalam batas normal dan satu kategori uji yang hasil pengukuran kadar amoniak nya melebihi batas normal.






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stop Gratifikasi!

Stop Gratifikasi!

Tayangan 1 Bulan Terakhir

Blogroll

Popular Posts


PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - PNG SPECIAL SESION 2021 AGENDA

KEMENTERIAN KESEHATAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II JAYAPURA PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - P...

MARS KKP

Diberdayakan oleh Blogger.