Sosialisasi Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik Di Skouw Tahun 2017

Skouw - Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang dapat mengakibatkan kematian dan menyerang semua umur. Penyakit ini ditularkan oleh aedes aegypti yang juga sebagai vektor penyakit chikungunya (penyakit menyerupai kelumpuhan), akan tetapi penyakit chikungunya tidak mematikan seperti DBD dan dapat sembuh sendiri.

Penyakit DBD dan Chikungunya telah menyebar ke daerah perifer (daerah padat penduduk yg merupakan perbatasan antara pedesaan dan perkotaan), akibat dari perkembangan arus transportasi dan mobilisasi penduduk atau urbanisasi yang tidak terencana dan terkontrol. Penyebab lain dari masih tingginya kasus DBD adalah sistim pengolahan limbah dan penyediaan air bersih yang tidak memadai, berkembangnya penyebaran dan kepadatan nyamuk, kurangnya sistim pengamatan nyamuk yang efektif, meningkatnya pergerakan dan penyebaran virus dengue, perkembangan hiperendemisitas (beberapa serotype virus) dan melemahnya infrastruktur kesehatan masyarakat, kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) DBD dengan 3M (Menguras,Menutup dan  Mengubur) yang tidak berkesinambungan serta dukungan lintas sektoral yang belum berjalan optimal.

Sosialisasi Gerakan 1 rumah 1 Juru Pemantau Jentik (Jumantik) adalah salah satu cara untuk melibatkan masyarakat dalam pengendalian penyakit DBD yang dilaksanakan di Pos Lintas Batas Negara RI - PNG yang Di buka langsung oleh Kepala Kantor KKP. Diharapkan sosoialisasi tersebut memberikan wawasan kepada masyarakat dan juga instansi yang berada di PLBN Scouw. Sehingga kedepaanya program tersebut dapat berjalan dengan dukungan dari semua elemen masyarakat.




Peserta kegiatanpun diberikan pelatihan dan praktek langsung untuk melakukan survei atau pemeriksaan terhadap jentik nyamuk yang berada diwilayah PLBN serta bagaimana cara mengatasi jentik nyamuk yang ditemukan. Terlihat peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan.




Foto Kegiatan :










Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stop Gratifikasi!

Stop Gratifikasi!

Tayangan 1 Bulan Terakhir

Blogroll

Popular Posts


PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - PNG SPECIAL SESION 2021 AGENDA

KEMENTERIAN KESEHATAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II JAYAPURA PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - P...

MARS KKP

Diberdayakan oleh Blogger.