PERTEMUAN LINTAS SEKTOR/LINTAS PROGRAM DALAM RANGKA PENGENDALIAN VEKTOR BINATANG PEMBAWA PENYAKIT DI WILAYAH KERJA BANDAR UDARA WAMENA

Penyakit tular vektor dan zoonotik merupakan penyakit menular melalui Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit, antara lain malaria, demam berdarah, filariasis (kaki gajah), chikungunya, japanese encephalitis (radang otak), rabies (anjing gila), leptospirosis, pes dan schistosomiasis (demam keong). Penyakit tersebut hingga kini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia dengan angka kesakitan dan kematian yang cukup tinggi serta berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) dan/atau wabah serta memberikan dampak kerugian ekonomi masyarakat.

Upaya penanggulangan penyakit tular vektor dan zoonotik selain dengan pengobatan terhadap penderita, juga dilakukan upaya Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit, termasuk upaya mencegah kontak secara langsung maupun tidak langsung dengan Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit, guna mencegah penularan penyakit menular, baik yang endemis maupun penyakit  baru (emerging).
Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit di Indonesia telah teridentifikasi terutama terkait dengan penyakit menular tropis (tropical diseases), baik yang endemis maupun penyakit menular potensial wabah. Mengingat beragamnya penyakit-penyakit tropis yang merupakan penyakit tular vektor dan zoonotik, maka upaya pengendalian terhadap Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit menjadi bagian integral dari upaya penanggulangan penyakit tular vektor termasuk penyakit-penyakit zoonotik yang potensial dapat menyerang manusia. Untuk itu Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai Unit Pelaksana Utama dari Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dituntut dapat melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit tular vector dan zoonotik di pintu masuk negara. Keberhasilan dari tindakan pencegahan tersebut di tentukan oleh faktor kecepatan  dan ketepatan dala mendeteksi dan melakukan antisipasi berupa respon cepat terhadap adanya suatu kejadian penyakit di pintu masuk negara (bandara, pelabuhan serta Pos Lintas Batas Darat Negara (PLBDN).
Oleh karena itu guna meningkatkan peran, komitmen dan kinerja bersama maka dianggap perlu untuk melakukan Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program Pengawasan dan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit di Bandar Udara Wamena sebagai salah satu Wilayah Kerja KKP Jayapura dan juga sebagai pintu masuk di Pegunungan Tengah Papua.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stop Gratifikasi!

Stop Gratifikasi!

Tayangan 1 Bulan Terakhir

Blogroll

Popular Posts


PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - PNG SPECIAL SESION 2021 AGENDA

KEMENTERIAN KESEHATAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II JAYAPURA PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - P...

MARS KKP

Diberdayakan oleh Blogger.