DESIMINASI INFORMASI BIDANG PENGENDALIAN RISIKO LINGKUNGAN WILAYAH KERJA BANDAR UDARA SENTANI

Guna mengantisipasi ancama penyakit global serta permasalahan kesehatan masyarakat yang merupakan masalah darurat menjadi perhatian dunia, Kantor Kesehatan Pelabuhan dituntut mampu menangkal risiko kesehatan yang mungkin masuk melalui orang, alat angkut, barang termasuk dari Negara lain dengan melakukan tindakan tanpa menghambat perjalanan dan perdagangan.
Upaya pengendalian risiko lingkungan bertujuan untuk membuat wilayah bandara sentani dan alat angkut  tidak menjadi sumber penularan ataupun habitat yang subur bagi perkembang biakkan kuman/vector penyakit.
Kegiatan pengendalian risiko lingkungan merupakan salah satu upaya cegah tangkal penyebaran penyakit karantina dan penyakit menular lain potensial wabah. Upaya-upaya melalui pemutusan mata rantai penularan penyakit sangat penting di pintu masuk Negara berupa tindakkan prefentif dan promotif yang dilakukan oleh petugas KKP secara rutin saat berada dilapangan sehingga saat ini perlu dilaksanakan kegiatan Desiminasi dan Informasi tentang Pengendalian Risiko Lingkungan Wilayah Kerja Bandar Udara Sentani, yang merupakan evaluasi kegiatan sepanjang tahun 2018 dibuka oleh kepala UPBU Kelas I Sentani diruangan Rapat UPBU dihadiri oleh Stakeholder Bandara. 
Selain itu Acara Desiminasi diawali dengan Sosialisasi UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan pengganti dari UU No. 1 Tahun 1962 tentang Kekarantinaan Laut dan UU No. 2 Tahun 1962 tentang Kekarantinaan Udara. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2018 di ikuti dengan pemateri penerapan Fumigasi Pesawat oleh Edison Koibur, M.Kes serta presentasi hasil-hasil pengawasan Sanitasi Pengolahan Makan minum, hasil deteksi dini penjamah makanan, crew pesawat, Pengawasan Kepadatan Serangga, Nyamuk, Lalat, Kecoak, Air bersih, dll dibandara Sentani Jayapura.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stop Gratifikasi!

Stop Gratifikasi!

Tayangan 1 Bulan Terakhir

Blogroll

Popular Posts


PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - PNG SPECIAL SESION 2021 AGENDA

KEMENTERIAN KESEHATAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II JAYAPURA PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - P...

MARS KKP

Diberdayakan oleh Blogger.