Penanganan Pasien COVID-19 dari Pelaku Perjalanan Internasional dan Kewajiban RT — PCR bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri Yang berusia di bawah 12 tahun

 

 Sehubungan dengan telah diberlakukannya Addendum Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan COVID-19 nomor 20 tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan lnternasional Pada Masa Pandemi COVID-19, maka terkait pengaturan teknis diinformasikan sebagai berikut :

 

1.    Pengaturan di Hotel Karantina 
            Masa karantina 3 x 24 jam dengan perhitungan 3 hari 2 malam bagi pelaku perjalanan dengan status vaksinasi COVID-19 lengkap.         
            Swab ke-2 (exit test) dilakukan pada hari ke-3 pukul 04.00 - 05.00 waktu setempat. Apabila dilakukan swab ke 2 setelah jam tersebut maka diberlakukan perhitungan  menginap 4 hari 3 malam. 
            Hasil swab kedua disampaikan oleh laboratorium pemeriksa maksimal telah keluar pukul 11.30 waktu setempat. Kemudian hasil disampaikan kepada otoritas kesehatan  di setiap pintu masuk. 
              Surat keterangan selesai karantina/ klirens akan dibagikan maksimal pada pukul 13.00 waktu setempat bagi yang hasil swab ke-2 nya telah negatif. 
              Bagi pelaku perjalanan anak anak maupun pelaku perjalanan yang belum divaksinasi ataupun status vaksinasi tidak lengkap, maka masa karantinanya dilakukan selama 5 x 24 jam.

 

2.    Pengaturan di Wisma Karantina 
              Masa karantina 3 x 24 jam dengan perhitungan 3 hari 2 malam bagi pelaku  perjalanan dengan status vaksinasi COVID-19 lengkap. 
              Swab ke-2 (exit test) dilakukan pada hari ke-3 pukul 00.00 - 06.00 waktu setempat.

              Hasil swab kedua disampaikan oleh laboratorium pemeriksa kepada otoritas kesehatan di wisma karantina secara bertahap dan paling lambat pada pukul 18.00 waktu setempat. 

               Surat keterangan selesai karantina/ klirens akan diterbitkan oleh otoritas kesehatan di wisma karantina paling lambat pukul 20.00 waktu setempat. 

              Bagi pelaku perjalanan anak - anak maupun pelaku perjalanan yang belum divaksinasi ataupun status vaksinasi tidak lengkap, maka masa karantinanya dilakukan selama 5 x 24 jam.

 

Selanjutnya sehubungan dengan telah diberlakukannya Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan COVID-19 nomor 22 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19, maka disampaikan ketentuan tambahan bahwasanya bagi pelaku perjalanan dengan usia di bawah 12 tahun yang tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19, maka diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stop Gratifikasi!

Stop Gratifikasi!

Tayangan 1 Bulan Terakhir

Blogroll

Popular Posts


PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - PNG SPECIAL SESION 2021 AGENDA

KEMENTERIAN KESEHATAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II JAYAPURA PRE-BORDER LIAISON MEETING (BLM) RI-PNG FOR THE PREPARATION OF THE RI - P...

MARS KKP

Diberdayakan oleh Blogger.